Saturday 10 December 2011

Bersegera Nikmati Gerhana Bulan Total Nanti Malam




Apa Kabar Kreatif Blogger?Masih semangat, tolong ngacung ya ^_^ Ok, hari ini sabtu sengaja menyajikan yang berbeda yang istimewa, lain daripada yang lain buat Anda semua.Yap, betul sekali yaitu tentang gerhana bulan.Refreshing ya sobat.Itung-itung biar dapat backlink dari langit ^_^ Biar seimbang.



Ok, lanjut.Masih inget  tentang gerhana bulan kan?Jika nanti malam langit cerah maka, warga Indonesia akan di suguhi fenomena alam total.Fase ini akan terjadi  pada hari sabtu (10/12/2011) gerhana nanti akan dimulai lebih awal yaitu pada pukul 19.33 WITA (WIB = WITA ? 1 jam, WIT = WITA + 1 jam), sehingga lebih bersahabat dibandingkan jika terjadi pada dinihari. Perbedaan lainnya adalah gerhana nanti akan terjadi lebih singkat dibandingkan gerhana Juni lalu. Kali ini totalitas gerhana hanya akan berlangsung selama 50 menit saja, bandingkan dengan gerhana yang terjadi pada Juni lalu yang mencapai 100 menit.

Gerhana bulan terjadi akibat bulan, bumi, dan matahari berada pada satu garis lurus secara berurutan. Posisi bulan kebanyakan tidak terlalu berada pada garis yang benar-benar sejajar dengan bumi dan matahari sehingga terkadang terjadi gerhana bulan sebagian atau total.

Tahapan yang paling menarik pada gerhana Bulan akan terjadi ketika Bulan mulai masuk ke umbra Bumi , Sedikit demi sedikit Bulan purnama itu akan berubah menjadi Bulan sabit karena sebagian permukaannya menjadi gelap. Lalu sabitnya pun semakin lama semakin kecil/tipis. Dan ketika bayangan gelap umbra sudah mendominasi permukaan Bulan, kita akan melihat bayangan gelap tersebut berganti warna menjadi merah. Akhirnya saat tahapan totalnya terjadi, seluruh permukaan Bulan juga menjadi merah gelap. Tahapan totalitas tersebut akan dimulai pada pukul 22.06 WITA dan berakhir pada pukul 22.57 WITA. Setelah itu warna putih di Bulan akan kembali muncul perlahan hingga akhirnya Bulan menjadi purnama kembali setelah pukul 01.30 WITA.


Saya yakin banyak yang mengamati ini karena bisa menyaksikannya sebelum tidur atau ketika menikmati akhir pekan di luar bersama keluarga atau kerabat.Dan Anda besok bisa libur untuk dinas karena tepat hari minggu, dan bagi yang ngeblog bisa di lanjutkan atau di tunda dulu.Nyaman kan?



Sebagian orang menganggap terjadinya gerhana matahari dan bulan sebagai gejala alam biasa, sebagai peristiwa ilmiah yang bisa dinalar. Gerhana sekedar menjadi tontonan menarik yang bisa disaksikan beramai-ramai bersama keluarga dan handai tolan. Namun bagi yang merasa tunduk kepada keagungan Sang Perncipta, Allah SWT.


gerhana adalah peristiwa penting yang secara gamblang menunjukkan bahwa ada kekuatan Yang Maha Agung di luar batas kemampuan manusia.Mereka yang merasa rendah di hadapan Sang Pencipta akan menadahkan muka, menghadap Allah, mengerjakan shalat secara berjamaah. Rasulullah SAW telah memberikan tuntunan untuk itu.




Rasulullah SAW bersabda,?Sesungguhnya matahari dan rembulan adalah dua tanda-tanda kekuasaan Allah, maka apabila kalian melihat gerhana, maka berdo?alah kepada Allah, lalu sholatlah sehingga hilang dari kalian gelap, dan bersedekahlah.? (HR Bukhari-Muslim)


Ok, sekian sajian hari ini.Semoga bermanfaat.


Bagaimana siap melakukan pengamatan nanti malam?Semoga tidak hujan ya ^_^


Inspirasi :Buku Fiqh dan dari tetangga 

Baca Artikel Terkait Lainnya :

lorem ipsum dolor sit amet concectular ...
Button One Button Two Button Three

notifikasi
close