Monday 24 October 2011

Upacara Bendera Digital


          Apa kabar sahabat blogger kreatif?, memasuki Abad 21 semuanya serba digital, dari profesi digital, muncul generasi Alay, dan yang lebih penting lagi muncul ngopi darat blogger.Nah, kali ini postingannya agak beda sedikit tapi tetap digital.Ok stay tune disini ^_^


Dulu orang harus berpanas-panasan untuk mengikuti upacara bendera hari kemerdekaaan RI  17 Agustus.Nggak hanya 17 agustus, upacara bendera tiap hari senin untuk kalangan TK, SD, SMP, SMU ini masih berlku untuk melakukan ini, setiap orang bisa melakukannya sendiri bahkan sambil duduk.Cukup sediakan perangkat computer, jaringan internet atau ponsel .Lalu, masuklah pada situs IndonesiaOptimis.org.Dan mulailah upacara bendera sendiri, dari depan layar komputer.

Gagasan upacara bendera Digital ini berasal dari sejumlah komunitas Indonesia Optimis.Dalam halaman situs upacara digital itu, terdapat berbagai macam ikon mulai dari kelompok suara, pemimpin upacara, sampai pidato pembina upacara pun bisa didengarkan.

Seperti dikutip dalam situs kompas.com, tata acara upacara digital pun sama dengan upacara pada umumnya.?Ada menu wajib yaitu lagu Indonesia Raya dan ada juga komandan upacara.Pembina upacara bisa dipilih sendiri, ketika di klik ada tokohnya?.Hal ini dilakukan untuk menyebarkan keoptimisan , mengkonstruksi ulang makna nasionalisme secara kontekstual.

Upacara bendera digital yang baru pertama kali diadakan ini melibatkan tiga upacara Pembina sekaligus.Mereka adalah presenter dan penyanyi Padji Pragiwicaksono, penggagas ?Indonesia Bertindak? Iwan Esjepe, serta wartawan tempo Wicaksono yang akrab sekali di sapa dengan ?Ndoro kakung? di jejaring sosial dunia maya.

Sejumlah Pengguna Internet mengaku upacara bendera digital tak kalah sacral dengan upacara peringatan HUT RI yang biasa digelar di lapangan nasionalismenya tumbuh kembali dengan hadirnya upacara digital ini.
Menariknya, meski upacara digital ini baru pertama kali di Indonesia, lebih dari 18 ribu pengguna internet pada tahun 2010 mengikuti upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-65.Seperti diberitahukan tempo interaktif, sebanyak 75 persen peserta berasal dari Indonesia, dan 25 persen sisanya dari luar negeri, seperti Shanghai, India, dan Amerika Serikat.

salah satu tujuan upacara digital adalah membangkitkan memori tentang nasionalisme bangsa sekaligus merekatkan warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri dengan tanah airnya.

Upacara digital ini banyak diminati.Bahkan, menarik warga Indonesia yang berada di negeri orang untuk ikut upacara sekaligus nostalgia.?Dengan teknologi di sini, kami bisa mengikuti upacara.Kerinduan pada negeri sedikit terobati (Salam dari salah satu warga Indonesia yang berada di Hongkong).

Ke depan, Indonesia Optimis akan terus menyerukan keoptimisan berfikir, bersikap, dan bertindak.Dengan memanfaatkan media jejaring sosial, mereka mengumpulkan generasi muda Indonesia yang kritis, dan melihat persoalan apapun secara optimis.

?Kami akan mengajak follower kami untuk berdiskusi berkala via twitter, menjaring lebih banyak pendukung di facebook, dan mengoptimalkan website indonesiaoptimis.org, yang nanti akan menjadi portal interaksi optimisme bangsa, dengan tidak meyepelekan prestasi sesederhana apa pun?

Berharap semangat nasionalisme terus dilakukan tidak hanya saat peringatan HUT Kemerdekaan RI saja.?Merinding sendiri ngikutin upacara bendera digital semoga semangat kemerdekaan tidak Cuma di tinggal 17 Agustus saja ^_^


Bagaimana sahabat kreatif dengan tema di atas?setuju atau tidak setuju silahkan tinggalkan jejak ^_^

Sumber: Kompas.com;TEMPO interaktif;detik,NET

Baca Artikel Terkait Lainnya :

lorem ipsum dolor sit amet concectular ...
Button One Button Two Button Three

notifikasi
close